Hamil Konsumsi Kopi Tak Pengaruhi IQ Anak

Kamis, 26 November 2015 - 09:10 WIB
Hamil Konsumsi Kopi Tak Pengaruhi IQ Anak
Hamil Konsumsi Kopi Tak Pengaruhi IQ Anak
A A A
JAKARTA - Kopi merupakan salah satu minuman yang kerap dihindari para ibu hamil. Pasalnya, efek kafein dalam kopi dinilai bisa berpengaruh buruk pada perkembangan bayi.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology mengungkapkan, mengonsumsi secangkir kopi sehari tidak memberikan efek negatif pada bayi. Dilansir dari Healthday, mengonsumsi kafein dalam jumlah sedikit tidak berpengaruh pada IQ anak-anak.

Penelitian ini melibatkan 2.200 wanita di Amerika Serikat yang sering mengonsumsi kopi selama hamil. Termasuk para wanita yang hamil di tahun 1959 dan 1974. di mana pada tahun tersebut, konsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Hasilnya, para peneliti tidak menemukan efek samping mengonsumsi kafein selama kehamilan pada anak-anak. Meski demikian peneliti menyarankan ibu hamil untuk berkonsultasi pada dokter kandungan sebelum mengonsumsi kopi.

"Secara keseluruhan, kami meyakinkan para ibu hamil bahwa mengonsumsi kafein secara wajar atau setara dengan satu cangkir kopi per hari tidak menimbulkan efek berbahaya pada perkembangan IQ anak-anak mereka kelak," papar peneliti utama dari Center for Perinatal Research at Nationwide's Research Institute, Dr Mark Klebanoff.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4917 seconds (0.1#10.140)